Rekayasa Perangkat Lunak - Didalam
tugas mata kuliah PTSI ini, kami seluruh mahasiswa kelas C diberi tugas oleh
Bapak Agus Lahinta ST.,M.Kom,. untuk membuat artikel dengan bahasa topik, mengambil salah satu bidang ilmu komputer,
yang terdiri dari 12 bagian, dari itu saya mengambil salah satu topik yang berjudul Rekayasa Perangkat
Lunak.
Didalam artikel
ini, saya akan menuliskan :
·
Apa
itu Perangkat Lunak
·
Pengertian
dari Rekayasa Perangkat Lunak
·
perbedaan antara RPL dengan computer science
·
berapa
biaya RPL ?
·
apa
saja metode-metode RPL ?
·
apakah
atribu-atribut RPL yang baik ?
·
Apa
tantangan kunci yang dihadapi RPL
Sebelum
kita mengetahui tentang apa itu rekayasa perangkat lunak atau yang disingkat
dengan RPL, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu perangkat lunak. Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Ada juga pengertiann lain dari Perangkat
Lunak yaitu (Software) tidak sama
dengan program komputer. Perangkat lunak tidak hanya mencakup program, tetapi
juga semua dokumentasi dan konfigurasi data yang berhubungan, yang diperlukan
untuk membuat agar program beroperasi dengan benar.
Sistem Perangkat
Lunak terdiri dari :
* Sejumlah program yg terpisah
* File-file konfigurasi
* Dokumentasi sistem
* Dokumentasi User
Nah, setelah kita mengenal apa itu Prangkat Lunak, maka langsung saja
mengenal apa itu RPL. RPL atau Software Engineering (SE) à Disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai
dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan system, setelah
digunakan. Ada 2 istilah kunci disini :
* “disiplin rekayasa” à Perekayasa membuat suatu alat bekerja. Menerapkan teori, metode, dan alat bantu yang sesuai, selain
itu mereka menggunakannya dengan selektif dan selalu mencoba mencari solusi
terhadap permasalahan.
* “semua aspek produksi perangkat lunak” à RPL tidak hanya berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan
perangkat lunak tetapi juga dengan kegiatan seperti Manajemen proyek PL dan
pengembangan alat bantu, metode, dan teori untuk mendukung produksi PL.
Adapun perbedaan antara RPL dengan computer
science , Intinya, computer science berhubungan dengan teori dan
metode yang mendasari sistem komputer dan perangkat lunak, sedangkan RPL
berhubungan dengan praktek dalam memproduksi perangkat lunak. Selain itu juga
ada perbadaan antar RPL dengan Rekayasa Sistem , yaitu Rekayasa sistem
berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer
termasuk hardware, rekayasa PL dan proses. RPL adalah bagian dari rekayasa
sistem yang meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan
database pada system.
Disini juga di jelaskan bagaimana biaya RPL :
*
Umumnya sekitar 60% untuk biaya pengembangan (development)
dan 40% biaya pengujian (testing).
*
Distribusi
biaya yang tepat selama proses perangkat lunak bergantung pada proses yang
digunakan dan jenis perangkat lunak yang dikembangkan.
Metode-metode
RPL :
Pendekatan-pendekatan
terstruktur terhadap pengembangan perangkat lunak mencakup model, notasi,
aturan, saran pengembangan sistem (rekomendasi), dan panduan proses.
*
Deskripsi
model sistem à Deskripsi model yang
harus dikembangkan dan notasi yang digunakan untuk mendefinisikan model-model
ini. Ex : model aliran data.
*
Aturan
à Batasan yang berlaku bagi
model sistem. Ex : Setiap entitas pada model sistem harus memiliki nama yang
unik.
*
Rekomendasi
à Saran dalam membentuk
perancangan yang baik. Ex : Tidak ada objek yang memiliki lebih dari tujuh
sub-objek yang berhubungan dengannya.
*
Panduan
Proses à Aktifitas yang bisa
diikuti untuk mengembangkan model sistem. Ex : Atribut objek harus
didokumentasi sebelum mendefinisikan operasi yang berhubungan dengan objek.
Atribut-atribut PL yang baik :
Perangkat
Lunak seharusnya memberikan user kebutuhan fungsionalitas dan kinerja
yang:
1.
Dapat
dipelihara (Maintanability) à PL harus dapat
memenuhi perubahan kebutuhan user.
2.
Dapat
diandalkan (Dependability) à PL harus dapat
dipercaya dan tidak menyebabkan kerusakan fisik atau ekonomi jika terjadi
kegagalan sistem.
3.
Efisien
à PL harus efisien
dalam penggunaan sumber daya sistem.
4.
Kemampupakaian
(Usability) à PL harus dapat dipakai
sesuai dengan yang direncanakan.
Tantangan Kunci yang dihadapi RPL
?
1.
Tantangan
Warisan (Legacy) à Tantangan memelihara
dan meng-update PL sedemikian sehingga biaya yg berlebihan dapat dihindari dan
layanan bisnis yg penting tetap dilakukan.
2.
Tantangan
Heterogenitas à Tantangan teknik
pengembangan untuk membangun perangkat lunak yang dapat diandalkan dan cukup
flexibel untuk menghadapi heterogenitas yang ada.
3.
Tantangan
Pengiriman à Tantangan
mempersingkat waktu kirim sistem besar dan kompleks, tanpa mengurangi kualitas
sistem.
Referensi :
- http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=12&cad=rja&ved=0CGoQFjAL&url=http%3A%2F%2Fsi.itats.ac.id%2Frepository%2Findex.php%3Fdir%3DMateri-Perkuliahan%2FRekayasa%2520Perangkat%2520Lunak%2FRPL_Dunlut%2F%26file%3DPENDAHULUAN.ppt&ei=89l3ULmdCovtrQfRvYGoDw&usg=AFQjCNFl-OVOIusRFhK2XEnrOtMoODIRyg&sig2=UEh8sLPK6A2qUZrztgYkZQ
-
Referensi :
- http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=12&cad=rja&ved=0CGoQFjAL&url=http%3A%2F%2Fsi.itats.ac.id%2Frepository%2Findex.php%3Fdir%3DMateri-Perkuliahan%2FRekayasa%2520Perangkat%2520Lunak%2FRPL_Dunlut%2F%26file%3DPENDAHULUAN.ppt&ei=89l3ULmdCovtrQfRvYGoDw&usg=AFQjCNFl-OVOIusRFhK2XEnrOtMoODIRyg&sig2=UEh8sLPK6A2qUZrztgYkZQ
-
like
BalasHapus