Kamis, 11 Oktober 2012

Rekayasa Perangkat Lunak


Rekayasa Perangkat Lunak - Didalam tugas mata kuliah PTSI ini, kami seluruh mahasiswa kelas C diberi tugas oleh Bapak Agus Lahinta ST.,M.Kom,. untuk membuat artikel dengan bahasa topik,  mengambil salah satu bidang ilmu komputer, yang terdiri dari 12 bagian, dari itu saya mengambil salah  satu topik yang berjudul Rekayasa Perangkat Lunak.
Didalam artikel ini, saya akan menuliskan :
·         Apa itu Perangkat Lunak
·         Pengertian dari Rekayasa Perangkat Lunak
·         perbedaan antara RPL dengan computer science
·         berapa biaya RPL ?
·         apa saja metode-metode RPL ?
·         apakah atribu-atribut RPL yang baik ?
·         Apa tantangan kunci yang dihadapi RPL

Sebelum kita mengetahui tentang apa itu rekayasa perangkat lunak atau yang disingkat dengan RPL, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu perangkat lunak. Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Ada juga pengertiann lain dari Perangkat Lunak  yaitu (Software) tidak sama dengan program komputer. Perangkat lunak tidak hanya mencakup program, tetapi juga semua dokumentasi dan konfigurasi data yang berhubungan, yang diperlukan untuk membuat agar program beroperasi dengan benar.
Sistem Perangkat Lunak terdiri dari :
* Sejumlah program yg terpisah
* File-file konfigurasi
*  Dokumentasi sistem
*  Dokumentasi User

Nah, setelah kita mengenal apa itu Prangkat Lunak, maka langsung saja mengenal apa itu RPL. RPL atau Software Engineering (SE) à Disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan system, setelah digunakan. Ada 2 istilah kunci disini :
*  “disiplin rekayasa” à Perekayasa membuat suatu alat bekerja.  Menerapkan teori,    metode, dan alat bantu yang sesuai, selain itu mereka menggunakannya dengan selektif dan selalu mencoba mencari solusi terhadap permasalahan.
*  “semua aspek produksi perangkat lunak” à RPL tidak hanya berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan perangkat lunak tetapi juga dengan kegiatan seperti Manajemen proyek PL dan pengembangan alat bantu, metode, dan teori untuk mendukung produksi PL.

Adapun perbedaan antara RPL dengan computer science , Intinya, computer science berhubungan dengan teori dan metode yang mendasari sistem komputer dan perangkat lunak, sedangkan RPL berhubungan dengan praktek dalam memproduksi perangkat lunak. Selain itu juga ada perbadaan antar RPL dengan Rekayasa Sistem , yaitu Rekayasa sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa PL dan proses. RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada system.
Disini juga di jelaskan bagaimana biaya RPL :
*  Umumnya sekitar 60% untuk biaya pengembangan (development) dan 40% biaya pengujian (testing).
*  Distribusi biaya yang tepat selama proses perangkat lunak bergantung pada proses yang digunakan dan jenis perangkat lunak yang dikembangkan.

Metode-metode RPL :
Pendekatan-pendekatan terstruktur terhadap pengembangan perangkat lunak mencakup model, notasi, aturan, saran pengembangan sistem (rekomendasi), dan panduan proses.
*  Deskripsi model sistem à Deskripsi model yang harus dikembangkan dan notasi yang digunakan untuk mendefinisikan model-model ini. Ex : model aliran data.
*  Aturan à Batasan yang berlaku bagi model sistem. Ex : Setiap entitas pada model sistem harus memiliki nama yang unik.
*  Rekomendasi à Saran dalam membentuk perancangan yang baik. Ex : Tidak ada objek yang memiliki lebih dari tujuh sub-objek yang berhubungan dengannya.
*  Panduan Proses à Aktifitas yang bisa diikuti untuk mengembangkan model sistem. Ex : Atribut objek harus didokumentasi sebelum mendefinisikan operasi yang berhubungan dengan objek.

Atribut-atribut PL yang baik :
 Perangkat Lunak seharusnya memberikan user kebutuhan fungsionalitas dan kinerja yang:
1.                  Dapat dipelihara (Maintanability) à PL harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan user.
2.                  Dapat diandalkan (Dependability) à PL harus dapat dipercaya dan tidak menyebabkan kerusakan fisik atau ekonomi jika terjadi kegagalan sistem.
3.                  Efisien à PL harus efisien dalam penggunaan sumber daya sistem.
4.                  Kemampupakaian (Usability) à PL harus dapat dipakai sesuai dengan yang direncanakan.

Tantangan Kunci yang dihadapi RPL ?
1.                  Tantangan Warisan (Legacy) à Tantangan memelihara dan meng-update PL sedemikian sehingga biaya yg berlebihan dapat dihindari dan layanan bisnis yg penting tetap dilakukan.
2.                  Tantangan Heterogenitas à Tantangan teknik pengembangan untuk membangun perangkat lunak yang dapat diandalkan dan cukup flexibel untuk menghadapi heterogenitas yang ada.
3.                  Tantangan Pengiriman à Tantangan mempersingkat waktu kirim sistem besar dan kompleks, tanpa mengurangi kualitas sistem. 

Referensi : 
- http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=12&cad=rja&ved=0CGoQFjAL&url=http%3A%2F%2Fsi.itats.ac.id%2Frepository%2Findex.php%3Fdir%3DMateri-Perkuliahan%2FRekayasa%2520Perangkat%2520Lunak%2FRPL_Dunlut%2F%26file%3DPENDAHULUAN.ppt&ei=89l3ULmdCovtrQfRvYGoDw&usg=AFQjCNFl-OVOIusRFhK2XEnrOtMoODIRyg&sig2=UEh8sLPK6A2qUZrztgYkZQ 
-


1 komentar: